Minggu, 16 Juni 2013

(Analisis Kasus) Video Kebiasaan “Ngelem” Anak Jalanan

Analisis Video Kebiasaan “ngelem” Anak Jalanan

Dari beberapa sumber yang saya baca kebiasaan “ngelem” yang banyak dilakukan oleh anak-anak jalanan pada awal tahun 1990-an. Ada yang menyatakan bahwa “ngelem” berawal dari anak-anak jalanan Bandung yang kemudian menyebar ke berbagai kota seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Malang dan Medan. Kemudian menyebar pula ke kota Semarang pada awal tahun 2000-an. Dan sekarang kebiasaan ngelem pun mulai ditiru oleh kalangan pelajar.

Banyak anak jalanan yang mengatakan bahwa ngelem bisa membuat kita menjadi tahan lapar. Sungguh miris memang, kerasnya dunia jalanan mampu merubah prilaku anak-anak kepada prilaku yang negatif. Bahkan mereka tidak mengetahui dampak buruk dari hoby yang mereka lakukan. Senyawa toluen yang terkandung dalam lem dapat merusak saluran pernapasan, menyebabkan kanker dan juga merusak susunan saraf pusat. Bahkan dapat menyebabkan kematian.
Permasalahan seperti ini harus cepat ditangani oleh pemerintah. Pemerintah berkewajiban untuk memberikan perlindungan terhadap anak-anak, dari penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang. Seharusnya pemerintah juga menyalurkan anak-anak jalanan kepada lembaga yang mampu mendidik dan mengarahkan mereka, seperti menyalurkan mereka ke sekolah atau sangar. Dan disinilah peran sekolah sangatlah dibutuhkan untuk para anak jalanan. Sekolah yang mempunyai tujuan pendidikan merubah prilaku anak yang kurang baik ke arah yang lebih baik. Karena Sekolah tidak hanya memberikan pemahaman tentang ilmu pengetahunan, tetapi sekolah juga menamkan sikap, serta nilai-nilai yang baik kepada siswa. Dan sekolah pun mempunyai tujuan mengembangkan keterampilan (skill) motorik yang dimiliki siswa.
Peran keluarga pun sangat berpengaruh dalam menghentikan kebiasaan “ngelem” yang dilakukan oleh anak jalanan atau para pelajar, hendaknya orantua selalu mengawasi, memberikan perhatian dan mengarahkan anak-anaknya kepada hal-hal yang positif. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar